Selasa, 30 Desember 2014

Penanggalan Jawa

PENANGGALAN PRIMBON JAWA


orang jawa,seperti juga masyarakat nusantara lainya.sangat jeli memperhatikan dan mengamati tanda-tanda alam.kehidupan mereka yang sangat bergantung kepada alam mendorong mereka untuk semakin mengenali alam.dan kemudian membuat pembakuan-pembakuan atas gejala alam yang terjadi berulang-ulang.salah satu dari pembakuan gejala alam yang tercatat dalam primbon adalah sistem penanggalan.berbeda dengan sistem penanggalan masehi yang kita kenal secara nasional. 
Penanggalan jawa sangat serat dengan makna-makna itu berkaitan dengan watak dari waktu yang berjalan.sifat manusia,pekerjaan yang cocok di simak dan masih banyak lagi,monggo mawon.

apabila ada unsur yang dirasa negatif dalam penjelasan mengenai watak penanggalan yang terurai di bawah ini.beserta hubunganya dengan kelahiran seseorang,orang jawa bisa mendekatkan diri kepada tuhan melalui ritual tertentu yang disebut laku.  Menurut catatan primbon,hari-hari yang kita lalui itu memiliki watak dan pengaruh tersendiri.hari yang orang jawa di sebut DINO,

·         hari minggu berwatak matahari,baik manis,dan menyenangkan,tapi mudah hanyut.
·         hari senin berwatak bulan,megah,senang dengan hal yang mewah-mewahan.
·         hari selasa berwatak api,curiga tak mudah percaya,tapi sering buruk sangka,
·         rabu berwatak bumi,menepati kesanggupan,pantas dalam segala hal,tapi sembrono.
·         kamis berwatak angin dan petir,peka terhadap rahasia,tapi suka pamer,manja dan tak mahu kalah dengan yang lainya.
·         jumat berwatak bintang,senang dengan hal yang suci,mengharuskan kemurnian.


·         sabtu berwatak air,serakah akan segala hal,dan ingin menonjol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar