Selasa, 30 Desember 2014

Cerita Kunti

Kunti


Ayah Kunti adalah Raja Surasena dari wangsa Yadawa dan saat bayi ia diberi nama Perta. Ia merupakan adik Basudewa, ayah Kresna. Kemudian ia diadopsi oleh raja Kuntiboja yang tidak memiliki anak. Semenjak itu, ia diberi nama Kunti. Setelah Kunti menjadi putrinya, raja Kuntiboja dianugerahi anak.
Pada saat Kunti masih muda, ia diberi sebuah mantra sakti oleh resi Durwasa agar mampu memanggil dewa-dewi sesuai dengan yang dikehendaki. Pada suatu hari, Kunti ingin mencoba anugerah tersebut dan memanggil salah satu dewa yaitu Surya. Surya yang merasa terpanggil, bertanya kepada Kunti, apa yang diinginkannya. Namun Kunti menyuruh dewa Surya untuk kembali ke kediamannya. Karena Kunti sudah memnaggil dewa tersebut agar datang ke bumi namun tidak menginginkan berkah apapun, sang dewa memberikan seorang putra kepada Kunti.
Kunti tidak ingin memiliki putra semasih muda, maka ia memasukkan anak tersebut ke dalam keranjang dan menghanyutkannya di sungai Aswa. Kemudian putra tersebut dipungut oleh seorang kusir keratin Hastinapura yang bernama Ardirata, dan anak tersebut diberi nama Karna.
Kemudian, Kunti menikahi Pandu, seorang raja di Hastinapura. Pandu juga menikahi Madrim sebagai istri kedua, namun tidak mampu memiliki anak. Akhirnya Pandu dan kedua istrinya hidup di hutan. Disanalah Kunti mengeluarkan mantra rahasia. Ia memanggil tiga dewa dan meminta tiga putra dari mereka. Putra pertama diberi nama Yudistira dari dewa Yama, kedua bernama Bima dari dewa Bayu, dan yang terakhir bernama Arjuna dari dewa Indra.
Kemudian Kunti memberi mantra tersebut kepada Madrim. Madrim memanggil dewa Aswin dan menerima putra kembar yang diberi nama Nakula dan Sadewa. Kelima putra Pandu tersebut dikenal dengan nama Pandawa.

Setelah kematian Pandu dan Madrim, Kunti mengasuh kelima putranya sendirian. Sesuai dengan amanat Madrim, Kunti berjanji akan memperlakukan Nakula dan Sadewa sepertinya putranya sendiri. Setelah pertempuran besar di Kurukshetra berkecamuk dan usianya sudah sangat tua, Kunti pergi ke hutan dengan ipar-iparnya yang lain seperti Drestarastra, Widura dan Gandari untuk meninggalkan kehidupan duniawi. Mereka menyerahkan kerajaan kepada Yudistira. Di dalam hutan, Kunti dan yang lin terbakar oleh api suci mereka sendiri dan wafat disana.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar