Minggu, 10 Januari 2016

RANGKUMAN CARA MENGADAKAN PENELITIAN

RANGKUMAN
CARA MENGADAKAN PENELITIAN

A.    Persyaratan Penelitian
Penelitian digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan pengetahuan, harus diadakan agar meningkat pula pencapaian usaha-usaha mereka.
Ada tiga syarat penting dalam mengadakan penelitian yaitu:
·        Sistematis                                : artinya dilaksanakan menurut pola tertentu, dari paling sederhana sampai kompleks hingga tercapai tujuan secara efektif dan efisien.
·         Berencana                               : dilaksanakan dengan adanya unsur dipikirkan langkah-langkah pelaksanaannya.
·         Mengikuti konsep ilmiah         : mulai awal sampai akhir kegiatan penelitian mengikuti cara-cara yang sudah ditentukan. Yaitu prinsip yang digunakan untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
Apabila diterapkan dalam penelitian maka urutannya adalah sebagai berikut:
1.      Penelitian dihadapkan pada suatu kebutuhan atau tantangan.
2.      Merumuskan masalah, sehingga masalah tersebut menjadi jelas batasan, kedudukan, dan alternatif cara untuk pemecahan masalah.
3.      Menetapkan hipotesis sebagai titik tolak mengadakan tindakan menentukan alternatif pemecahan yang dipilih.
4.      Mengumpulkan data untuk menguji hipotesis
5.      Mengambil kesimpulan berdasarkan hasil pengolahan data dan dikembalikan kepada hipotesis yang sudah dirumuskan.
6.      Menentukan kemungkinan untuk mengadakan generalisasi dari kesimpulan tersebut serta implikasinya di masa yang akan datang.

B.     Prosedur Penelitian
Terdapat macam bentuk-bentuk laporan penelitian berupa makalah/paper hasil pembahasan buku-buku, skripsi, tesis, dan disertasi.
Walaupun namanya berbeda-beda sehubungan dengan luasnya masalah, dalamnya tinjauan permasalahan dan manfaat yang diharapkan dari tiap-tiap jenis penelitian, namun secara garis besar persyaratannya sama, seperti yang telah disebutkan dalam permulaan bab ini.
            Sebelumnya sudah disinggung mengenai persyaratan penelitian, maka berikut ini akan disampaikan prosedur atau langkah-langkah penelitian.
Langkah-langkah penelitian tersebut selengkapnya adalah sebagai berikut:
1.      Memilih masalah
2.      Studi pendahuluan
3.      Merumuskan masalah
4.      Merumuskan anggapan dasar
4a. Merumuskan hipotesis
5.      Memilih pendekatan
6.      (a) Menentukan variabel dan (b) sumber data
7.      Menentukan dan menyusun instrumen
8.      Mengumpulkan data
9.      Analisis data
10.  Menarik kesimpulan
11.  Menulis laporan
Langkah ke – 1 sampai dengan ke- 6 mengisi kegiatan pembuatan rancangan penelitian. Langkah ke- 7 sampai dengan langkah ke- 10 merupakan pelaksanaan penelitian, dan langkah terakhir sama dengan pembuatan laporan penelitian.
Langkah 1: memilih masalah
Memilih masalah bukanlah pekerjaan yang terlalu mudah terutama bagi orang-orang yang belum banyak pengalaman meneliti. Untuk itu diperlukan kepekaan dari calon peneliti. Apabila sudah berpengalaman meneliti, masalah-masalah akan timbul dalam bentuk keinginan untuk segera dilaksanakan pemenuhannya.
Langkah 2: Studi Pendahuluan
Sebelum mengadakan penelitian yang sesungguhnya, peneliti mengadakan suatu studi pendahuluan, yaitu menjajagi kemungkinan diteruskannya pekerjaan meneliti. Studi pendahuluan juga dimaksudkan untuk mencari informasi yang diperlukan oleh peneliti agar masalahnya menjadi lebih jelas kedudukannya.
Langkah 3: Merumuskan Masalah
Agar penelitian dapat dilaksanakan sebaik-baiknya, maka peneliti harus merumuskan masalahnya sehingga jelas dari mana harus mulai, ke mana harus pergi dan dengan apa.
Langkah 4: Merumuskan Anggapan Dasar
Anggapan dasar adalah sesuatu yang diyakini kebenarannya oleh peneliti yang akan berfungsi sebagai hal-hal yang dipakai untuk tempat berpijak bagi peneliti di dalam melaksanakan penelitiannya.
Langkah 4a: Hipotesis
Hipotesis merupakan kebenaran sementara yang ditentukan oleh peneliti, tetapi masih harus dibuktikan, dites, atau diuji kebenarannya.
Langkah 5: Memilih Pendekatan
Pendekatan yang dimaksud di sini adalah metode atau cara mengadakan penelitian seperti halnya: eksperimen atau non-eksperimen. Tetapi di samping itu juga menunjukkan jenis atau tipe penelitian yang diambil, dipandang dari segi tujuan misalnya eksploratif, deskriptif atau historis. Penentuan pendekatan ini akan menentukan apa variabel atau objek penelitian yang akan ditatap dan sekaligus menentukan subjek penelitian atau sumber di mana kiata akan memperoleh data.
Langkah 6: Menentukan Variabel dan sumber Data
Kedua langkah ini dilaksanakan dalam waktu bersamaan. Begitu peneliti menyebutkan satu macam apa yang akan diteliti, sebaiknya langsung menentukan dari mana data untuk variabel tersebut akan diperoleh. Kedua langkah ini disarankan dengan menggunakan matriks.
Langkah 7: Menentukan dan Menyusun Instrumen
Instrumen ini sangat tergantung dari jenis data dan dari mana diperoleh. Bisa dengan cara obsrvasi atau dengan melalui interview (kuesioner).

Langkag 8: Mengumpulkan Data
Mengumpulkan data adalah pekerjaan yang sukar, karena apabila diperoleh data yang salah, tentu saja kesimpulannya pun salah pula, dan hasil penelitiannya menjadi palsu.
Langkah 9: Analisis Data
Menganalisis data membutuhkan ketekunan dan pengertian terhadap jenis data. Jenis data akan menuntut teknik analisis data.
Langkah 10: Menarik Kesimpulan
Langkah ke- 10 ini sebenarnya sudah merupakan langkah terakhir dari kegiatan penelitian. Setelah peneliti selesai, dan peneliti tinggal mengambil konklusi dari hasil pengolahan data, dicocokkan dengan hipotesis yang telah dirumuskan. Satu hal yang harus dimiliki oleh peneliti yaitu sifat jujur. Dalam menarik sesuatu kesimpulan penelitian, ia tidak boleh mendorong atau mengarahkan agar hiopotesisnya terbukti. Tidak terbuktinya suatu hipotesis bukanlah suatu pertanda bahwa apa yang dilakukan oleh peneliti salah dan harus merasa malu.
Langkah 11: Menyusun Laporan
Kegiatan penelitian menuntut agar hasilnya disusun, ditulis dalam bentuk laporan penelitian agar hasilnya diketahui orang lain, serta prosedurnya pun diketahui orang lain pula sehingga dapat mengecek kebenaran pekerjaan penelitian tersebut.

Sumber :

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar